Shopee Telah Menolak 13 Jenis Barang Asing Didagangkan di Indonesia

Shopee Telah Menolak 13 Jenis Barang Asing Didagangkan di Indonesia

Shopee Telah Menolak 13 Jenis Barang Asing Didagangkan di Indonesia - Shopee adalah situs elektronik komersial yang berkantor pusat di Singapura di bawah naungan SEA Group (sebelumnya dikenal dengan nama Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), usai sebelumnya mendapatkan teguran karena mematikan produk lokal. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan koperasi dan usaha kecil dan menengah. Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan bahwa kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari upaya pemerintah dan Shopee dalam mendukung UMKM lokal. Apalagi, belum lama ini marak produk-produk asing yang diperjualbelikan lewat e-commerce lintas negara. Saya mengapresiasi Shopee yang mendukung keberlangsungan bisnis UMKM di indonesia. Shopee juga sepakat mengidentifikasi dan mengkurasi produk luar yang masuk ke Indonesia yang Dilansir dari Livechat Live22 tidak membunuh produk lokal," kata Teten dalam konferensi pers virtual, Selasa (18/5/2021).
1. Daftar 13 jenis produk cross border yang ditutup aksesnya oleh Shopee
Adapun 13 jenis prouduk asing yang ditutup aksesnya oleh Shopee Indonesia meliputi: - Hijab - Atasan muslim wanita - Bawahan muslim wanita - Dress muslim - Atasan muslim pria - Bawahan muslim pria - Outerwear muslim - Mukena - Pakaian muslim anak - Aksesoris muslim - Peralatan salat - Batik - Kebaya
2. Platform lain diharapkan dapat mengikuti langkah Shopee
Teten berharap kebijakan pelarangan masuk terhadap produk asing kategori tertentu untuk di jual di Indonesia dapat diikuti platform lainnya. Sehingga, ke depannya produk-produk lokal bisa semakin bersaing. "Ini diharakan dapat diikuti platform lain," ucapnya.
3. Shopee siap dukung UMKM Indonesia
Sementara, Direktur Eksekutif Shopee Handhika Jahja menyampaikan terima kasih atas masukkan pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM. Handka menegaskan pihaknya berkomitmen untuk mendukung produk-produk lokal agar bisa bersaing di pasar domestik dan internasional. "Dengan kebijakan ini, di mana kita memprioritaskan penjualan lokal, membatasi 13 kategori penjual dari luar. Saya percaya kebijakan ini akan memberi kesempatan lebih kepada pengusaha lokal supaya bisa lebih bersaing. Ini merupakan rasa cinta Shopee dan dari Kemenkop UKM untuk umkm dalam negeri," ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *