Lima Mata Air Paling Jernih dan Mengagumkan di Kroasia

Lima Mata Air Paling Jernih dan Mengagumkan di Kroasia

Lima Mata Air Paling Jernih dan Mengagumkan di Kroasia - Republik Kroasia (Republika Hrvatska) atau juga disebut Kroasia adalah negara berbentuk bulan sabit di Eropa yang berbatasan dengan Balkan di tenggara. Ibu kotanya adalah Zagreb. Kroasia menjadi salah satu negara berbentuk unik di Eropa Tengah yang menghadap ke Laut Adriatik. Selain garis pantainya yang cukup panjang, wisata alam lainnya juga gak kalah menarik. Mata air (bahasa Inggris: spring water) adalah sebuah keadaan alami di mana air tanah mengalir keluar dari akuifer menuju permukaan tanah yang menjadi sumber air bersih yang berguna untuk keperluan kehidupan manusia. Salah satunya mata air alami yang masih terjaga dan menjadi destinasi wisata tersembunyi. Beberapa mata air di Kroasia berwarna hijau kebiruan hingga biru, airnya pun jernih. Sehingga kerap menjadi destinasi wisata, terlebih buat kamu yang suka menjelajah. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, Dilansir dari IDN Poker Versi 1.1.10 intip lima mata air paling menakjubkan di Kroasia berikut!
1. Mata Air Krka
5 Mata Air Paling Menakjubkan di Kroasia, Bikin Betah Menjelajah!
Sungai Krka memiliki mata air yang terletak di Dalmatia, tepatnya di Taman Nasional Krka. Mata air yang dekat dengan kota bersejarah Knin tersebut jauh dari keramaian dan paling populer di Dalmatia. Krka pun menjadi tempat istimewa dengan adanya travertin, batu kapur yang diendapkan oleh mata air mineral sehingga membentuk bendugan alami di lembah Krka dan menciptakan air terjun. Musim gugur sampai awal musim dingin menjadi waktu yang tepat untuk mengunjunginya. Sebab, air terjun Krcic akan mengering pada musim panas. Selain itu, saat musim yang tepat, kamu bisa menikmati segarnya air dan warna hijau kebiruan yang eksotis.
2. Mata Air Grab
5 Mata Air Paling Menakjubkan di Kroasia, Bikin Betah Menjelajah!
Berbeda dari sebelumnya, mata air satu ini mengalir ke sungai kecil bernama Grab. Terletak di pedalaman Dalmatia, dekat dengan Kota Trilj. Tempat ini cocok buat kamu yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus budaya masyarakat setempat. Cukup dengan berjalan kaki melalui jalan setapak, kamu bisa menemukan pabrik penggilingan tepung organik yang beropersi sekitar 600 tahun. Sampai saat ini, pabrik tersebut masih beroperasi dan siapapun dapat mengunjunginya. Meski dekat dengan rumah penduduk, tapi sungai dan mata air tersebut masih terjaga. Sungai satu ini dimanfaatkan masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Selain itu, menggerakkan kincir air yang masih berfungsi hingga saat ini.
3. Mata Air Una
5 Mata Air Paling Menakjubkan di Kroasia, Bikin Betah Menjelajah!
Beralih ke wilayah Zadar, ada mata air berwarna pirus yang dikelilingi oleh hutan dan tebing curam. Mata Air Una dikenal dengan permukaannya yang tenang dan menjadi salah satu yang terdalam di daerah ini. Kamu bisa menemukan air terjun sekitar 10 meter dari mata air tersebut. Mata air tersebut pernah dieksplorasi hingga kedalaman 205 meter, lho. Punya keindaan dan nilai hidromorfologi yang luar biasa, menjadikannya sebagai manuman hidrologi alam yang dilindungi. Termasuk ngarai yang mengelilingi serta 150 meter aliran hilirnya.
4. Mata Air Kupa
5 Mata Air Paling Menakjubkan di Kroasia, Bikin Betah Menjelajah!
Mata Air Kupa berada di Taman Nasional Risnjak, Primosko-Goranska. Maata air tersebut menjadi salah satu yang paling kuat, luar dan dalam. Kekayaan flora dan fauna membuatnya disebut sebagai Lembah Kupu-Kupu Ajaib. Ada dua jalur berbeda yang bisa kamu tempuh untuk sampai ke mata air tersebut. Melalui Desa Razloge atau Desa Kupari, keduanya memiliki jalan yang sempit. Dapat diakses dengan bus kecil atau mobil pribadi, setelah itu berjalan kaki dari desa menuju mata air.
5. Mata Air Cetina
5 Mata Air Paling Menakjubkan di Kroasia, Bikin Betah Menjelajah!
Cetina (diucapkan [t͡sɛ̌tina]) adalah sebuah sungai yang mengalir sepanjang 101 km di Kroasia selatan dan mencakup kawasan seluas 1.463 km2. Mata Air Cetina menjadi salah satu yang populer dengan keindahan menakjubkan di Kroasia. Terletak di pedalaman Dalamatia, tidak jauh dari biara dan kapel Ortodoks yang terpencil di Cetina. Kamu bakal disuguhi mata air berwarna kebiruan dengan kedalaman ratusan meter. Itulah tadi kelima mata air paling menakjubkan di Kroasia. Warna hijau sampai biru menjadi salah satu daya tariknya. Apalagi, lingkungan yang masih terjaga membuatnya tetap eksis hingga kini. Mana nih yang menurutmu paling eksotis?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *