Inilah Tempat Wisata Unik yang Ada di Zaanse Schans Belanda

Inilah Tempat Wisata Unik yang Ada di Zaanse Schans Belanda

Inilah Tempat Wisata Unik yang Ada di Zaanse Schans Belanda - Belanda adalah sebuah negara peserta Kerajaan Belanda, yang terdiri dari dua belas provinsi di Eropa Barat Laut, dan tiga pulau di Karibia. Kata Belanda  dalam bahasa Indonesia adalah pinjaman yang cacat dari kosakata  Portugis:  holanda, olandawolandabolanda, dan terakhir menjadi belanda. Belanda Eropa berbatasan dengan Laut Utara di utara, dan barat, Belgia di selatan, dan Jerman di timur, dan berbagi perbatasan bahari dengan Belgia, Jerman, dan Britania Raya. Belanda menganut demokrasi parlementer yang disusun sebagai negara kesatuan. Liburan ke Negeri Kincir Angin tentunya kurang afdal bila tidak mengunjungi kincir angin itu sendiri. Banyak pilihan lokasi untuk merasakan pengalaman bersama si molen ini. Salah satunya adalah Zaanse Schans, sebuah desa kecil di wilayah Zaandam, di sebelah utara Belanda.Kamu akan dibawa melihat kembali kehidupan di Belanda pada abad ke-17 dan ke-18. Di sini ada rumah-rumah kuno Belanda yang otentik, kincir angin, pabrik barang-barang dari timah, pabrik susu dan keju, pabrik roti, pabrik klompen, pabrik tenun dan lain-lain. Kamu bisa naik kereta dari Togel Deposit Pulsa Tri 10rb Stasiun Centraal Amsterdam dan tiba di Stasiun Koog-Zaandijk dalam waktu 15 menit, kemudian dilanjutkan berjalan kaki sekitar 10 menit.
1. Kincir Angin
7 Tempat Wisata di Zaanse Schans Belanda, Unik Memikat Hati
Tentunya molen atau kincir angin adalah atraksi utama yang ingin dinikmati turis. Ada kincir-kincir angin open air yang menjadi objek foto dan bebas dijelajahi gratis dan ada pula yang harus membayar biaya masuk untuk menyaksikan berbagai proses pekerjaan di dalam bangunan kincir angin tersebut. Pada abad ke-18 dan ke-19, wilayah Zaan merupakan kawasan industri penting di Belanda. Ratusan kincir angin beroperasi untuk memproduksi minyak biji rami, cat, tembakau hisap, mustard, kertas dan berbagai produk lainnya. Rumah-rumah pedesaan yang khas sekarang menjadi museum, toko suvenir atau workshop. Beberapa kincir angin tetap difungsikan untuk proses pembuatan kayu, sementara yang lainnya menjadi warisan budaya.
2. Museum Klompen
7 Tempat Wisata di Zaanse Schans Belanda, Unik Memikat Hati
Nama lengkapnya Kooijman Souvenirs & Clogs Wooden Shoe Workshop. Museum Klompen ini memamerkan beragam klompen, atau sandal kayu khas Belanda, baik yang antik dari seluruh negeri Belanda atau yang berasal dari negara lain seperti Jepang. Sejarah mengenai klompen bisa dibaca lengkap di dinding. Kamu juga bisa menyaksikan langsung pembuatan klompen. Dengan teknik modern pembuatannya hanya memakan waktu beberapa menit, sementara dahulu bisa lebih dari 4 jam. Di sini juga ada toko suvenir yang menjual aneka klompen dan berbagai pernik khas negeri Tulip ini.
3. Zaans Museum dan Verkade Experience
7 Tempat Wisata di Zaanse Schans Belanda, Unik Memikat Hati
Kisah kehidupan sehari-hari di wilayah Zaan selama berabad-abad seakan hadir kembali di sini. Zaan adalah salah satu kawasan industri tertua di Eropa. Tepat di tengah-tengah museum, terdapat Verkade Experience. Kamu akan dibawa ke masa lalu melihat pabrik cokelat dan biskuit pada awal abad ke-20. Mesin aslinya masih berputar dan menghidupkan kembali sejarah Verkade, biskuit khas Belanda. Pada tahun 1871, pelukis terkenal Prancis Claude Monet berkunjung ke wilayah Zaan. Saking kagumnya akan lansekap unik wilayah ini ia pun melukisnya hingga mencapai 25 buah lukisan. Di Zaans Museum kamu bisa melihat karyanya tersebut.
4. Museum Jam
7 Tempat Wisata di Zaanse Schans Belanda, Unik Memikat Hati
Museum Zaanse Tijd atau Time Museum berisi sejarah kerajinan pembuatan jam sejak Era Keemasan Belanda hingga abad ke-20. Butuh ketrampilan khusus untuk membuat aneka pencatat waktu ini, yang memiliki karakter gambaran wilayah Zaan pada masa lalu seperti putaran kincir angin atau adegan perburuan paus.
5. Museum Albert Heijn
7 Tempat Wisata di Zaanse Schans Belanda, Unik Memikat Hati
Albert Heijn adalah supermarket paling beken di Belanda. Pertama kali berdiri di Zaan tahun 1887 kini toko kelontong tersebut menjadi museum, lengkap dengan perabotan dan pernik orisinalnya.
6. Pabrik Keju Catharina Hoeve
7 Tempat Wisata di Zaanse Schans Belanda, Unik Memikat Hati
Pasti tahu donk kalau Belanda terkenal dengan kejunya. Nah di Zaanse Schans ada pabrik keju yang masih otentik sejak abad ke-17. Kamu bisa menyaksikan demo pembuatan keju dan mencicipi aneka produknya. Beragam produk keju dari sapi, kambing, dan domba bisa dibeli untuk dibawa pulang.
7. Wevershuis atau Rumah Tenun
7 Tempat Wisata di Zaanse Schans Belanda, Unik Memikat Hati
Wevershuis atau Rumah Tenun ini membuat baju kelasi tradisional Belanda serta pakaian pekerja kincir angin pada tahun 1850 hingga awal abad ke-20. Kini selain berfungsi sebagai museum, Weverhuis juga masih membuat pakaian dan memperkerjakan para penenun yang masih mengenakan kostum tradisional mereka. Kamu boleh duduk di meja tenun atau beristirahat di dipan untuk merasakan pengalaman menjadi keluarga pengrajin tenun. Belanda adalah satu dari sedikit negara pertama yang memiliki parlemen terpilih, dan negara ini adalah anggota pendiri Uni Eropa, G-10, NATO,  OECD, WTO, dan peserta perserikatan ekonomi tripihak Beneluks. Belanda adalah salah satu negara yang pernah menguasai Indonesia, dan baru mengakui kedaulatan Indonesia pada tanggal 27 Desember 1949, namun sekarang mengakui Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *