Inilah Taman Nasional di Bulgaria yang Daya Tariknya Tak Bisa Dilupakan

Inilah Taman Nasional di Bulgaria yang Daya Tariknya Tak Bisa Dilupakan

Inilah Taman Nasional di Bulgaria yang Daya Tariknya Tak Bisa Dilupakan - Bulgaria, resminya Republik Bulgaria, diromawikan menjadi Republika Bulgaria), adalah sebuah negara di Eropa Tenggara. Bulgaria berbatasan dengan lima negara: Rumania di utara. Bulgaria merupakan salah satu negara Eropa yang mempunyai banyak destinasi wisata yang tak kalah memukau dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Pesona alam negara ini mampu menghipnotis siapapun yang mengunjunginya. Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yg mempunyai ekosistem asli dan di kelola secara bersistem untk kperluan brbagai penelitian, perkembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan pariwisata. Taman nasional di Bulgaria masih alami dan menjadi habitat bagi beragam makhluk hidup yang mendiaminya. Selain itu, pepohonan yang rindang juga mampu menyejukkan mata. Berikut Dilansir dari Livechat Live22 lima taman nasional terindah di Bulgaria yang pesonanya tak terlupakan! Penasaran?
1. Cagar Biosfer Kamchia
Cagar Biosfer Kamchia dapat ditemukan di sepanjang garis pantai utara Laut Hitam, dekat kota Varna. Agunan ini pada awalnya didirikan pada tahun 1951 dan pada tahun 1977 telah masuk ke daftar Warisan Alam Dunia UNESCO. Cagar yang mempunyai luas yang mencapai 1.200 hektar ini mencakup Kawasan Lindung Pasir Kamchia. Cagar ini menjadi habitat bagi lebih dari 250 jenis burung, termasuk bangau hitam, burung hantu, hingga beberapa spesies yang terancam punah seperti elang tutul kecil.
2. Taman Nasional Rila
Taman Nasional Rila merupakan taman nasional terbesar di Bulgaria yang mempunyai luas yang mencapai 81.000 hektar. Terdapat beberapa sungai terbesar di Semenanjung Balkan yang berasal dari taman nasional ini. Tempat ini menjadi habitat bagi lebih dari 3.000 hewan dan 100 spesies burung. Namun, 90% wilayahnya ditempati oleh pohon jenis konifera.
3. Taman Nasional Balkan Tengah
Taman Nasional Balkan Tengah berlokasi di jantung Bulgaria yang mana terletak di daerah paling tengah dan tertinggi di Pegunungan Balkan. Tamaan yang didirikan pada tahun 1991 ini mempunyai tujuan untuk melestarikan pemandangan alam. Selain itu, taman ini didirikan untuk melindungi warisan unik daerah tersebut dan juga untuk melindungi adat istiadat dan mata pencaharian penduduk setempat. Taman nasional ini dipenuhi dengan permukaan batu vertikal, tebing, ngarai yang dalam, air terjun, serta banyak puncak, sehingga membuat tempat ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan, naturalis, dan ilmuwan.
4. Cagar Alam Srebarna
Cagar Alam Srebarna masuk ke dalam situs warisan dunia yang berlokasi di bagian timur laut negara Bulgaria. Salah satu bagian yang menarik pada tempat ini adalah danau air tawar dan banyak burung. Cagar yang mempunyai luas yang mencapai lebih dari 900 hektar ini adalah tempat berkembang biak bagi hampir 100 spesies, banyak di antaranya adalah spesies langka dan terancam punah. Contohnya adalah angsa bisu, kuntul besar, bangau malam, dan pelikan Dalmatian. Selain itu, pada saat musim dingin, sekitar 80 spesies bermigrasi dan mencari perlindungan di cagar ini.
5. Taman Nasional Pirin
Taman Nasional Pirin berlokasi di barat daya Bulgaria. Tamaan nasional ini terkenal karena menjadi rumah bagi beragam tumbuhan dan danau glasial yang menakjubkan. Taman nasional yang mempunyai luas area yang mencapai 40.000 hektar ini menyuguhkan pemandangan pegunungan kapur yang beragam dengan danau, air terjun, gua, dan hutan. Sebagian besar jenis pohon jarum menempati hutan yang berada di wilayah ini. Taman Nasional Pirin ini telah dimasukkan dalam program Manusia dan Biosfer UNESCO karena keanekaragaman hayati yang unik dan formasi alam yang luar biasa mengagumkan. Bulgaria mempunyai banyak taman nasional yang indah dan sekaligus sukses membuat kagum. Taman nasional ini juga ditempati beragam makhluk hidup yang menambah daya tariknya. Tertarik berkunjung?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *