Inilah Jarak Pandang yang benar antara Mata dengan Layar Komputer

Inilah Jarak Pandang yang benar antara Mata dengan Layar Komputer

Inilah Jarak Pandang yang benar antara Mata dengan Layar Komputer - Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor.  Mengingat komputer atau laptop telah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari, mengetahui jarak pandang yang sesuai antara mata dengan komputer adalah hal yang penting. Sebab, peningkatan penggunaan komputer tanpa penempatan monitor yang tepat dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Jarak pandang yang tepat antara mata dengan komputer dapat mencegah terjadinya berbagai gangguan kesehatan, misalnya kelelahan berlebihan, ketegangan mata, hingga nyeri leher dan punggung. Jarak pandang yang sesuai antara mata dengan komputer adalah 50- 100 cm. Ini adalah jarak yang direkomendasikan untuk penggunaan komputer. Duduklah dengan nyaman pada jarak tersebut, yakni posisi tubuh tegak, kaki dapat berpijak, Dilansir dari IDN Poker Versi 1.1.10 dan punggung bersandar pada kursi.Pastikan bahwa semua teks dapat terbaca dengan jelas pada jarak pandang tersebut. Hal yang harus diperhatikan selain jarak pandang yang sesuai adalah postur tubuh. Pastikan kepala dan dada dalam posisi tegak, serta punggung dapat ditopang oleh sandaran kursi.
Akibat jarak pandang yang tidak sesuai dengan layar komputer
Risiko yang umumnya terjadi jika jarak pandang terlalu dekat atau jauh dengan komputer atau laptop adalah gangguan kesehatan mata dan ketegangan otot. Berikut adalah penjelasan mengenai kedua risiko tersebut.
1. Risiko jarang pandang terlalu dekat
Jaraki mata yang terlalu dekat dengan dengan komputer dapat menyebabkan ketegangan mata digital (digital eye strain). Gangguan yang juga dikenal dengan sindrom penglihatan komputer ini bisa terjadi jika Anda terlalu lama menatap layar monitor, khususnya dalam jarak yang terlalu dekat. Bahkan, dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat memicu terjadinya rabun jauh.Sejumlah gejala sindrom penglihatan komputer yang bisa muncul, di antaranya:
  • Mata terasa panas dan perih
  • Mata kering
  • Penglihatan buram
  • Otot mata terasa tegang
  • Gejala lainnya yang menyebabkan ketidaknyamanan pada mata.
Saat menatap layar komputer terlalu lama, mata harus terus-menerus fokus dan mengulang fokus pada jarak yang sama. Hal ini juga bisa terjadi saat membaca buku. Hanya saja, layar monitor dapat membuat gejalanya lebih buruk karena pada monitor terdapat kontras, kedipan, dan kesilauan dari cahaya.Menatap layar monitor terlalu dekat akan memaksa otot siliaris mata yang mengontrol bentuk lensa untuk tetap berkontraksi tanpa istirahat. Kondisi ini dapat membuat otot siliaris kelelahan. Apalagi Anda lebih jarang berkedip saat menggunakan komputer sehingga mata lebih cepat kering.
2. Risiko jarak pandang terlalu jauh
Sama halnya dengan jarak monitor terlalu dekat, jarak monitor terlalu jauh juga dapat menyebabkan gangguan mata dan otot. Otot tubuh dan mata akan menjadi tegang saat melihat teks kecil. Terlebih lagi jika Anda juga harus menyipitkan mata dalam waktu lama.Melihat jarak yang terlalu jauh menyebabkan posisi tubuh condong ke depan. Posisi tubuh yang canggung dapat menyebabkan sindrom kelelahan pada mata. Batang tubuh juga bisa mengalami stres karena tidak ada sandaran yang menopang bagian punggung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *