Inilah Cara Mudah yang Bisa Kamu Gunakan sebelum Membeli Saham

Inilah Cara Mudah yang Bisa Kamu Gunakan sebelum Membeli Saham

Inilah Cara Mudah yang Bisa Kamu Gunakan sebelum Membeli Saham - Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Kata saham sendiri diambil dari bahasa arab. Dalam literatur fiqih, saham diambil dari istilah musahamah yang berasal dari kata sahm bentuk jamaknya ashum atau suhmah yang artinya bagian, bagian kepemilikan. Artinya pemilik saham adalah pemilik perusahaan. Bagi investor pemula, membeli saham terkadang tampak sulit. Banyaknya perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia kerap kali bikin pusing tujuh keliling. Duh, mau pilih saham apa? Belinya di mana? Gimana caranya? Jangan khawatir, sobat cuan. Yuk cermati cara mudah membeli saham dari Club388 Indonesia Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia, Hasan Fawzi.
1. Buka rekening di perusahaan efek atau sekuritas
Dear Sobat Cuan, Ini 3 Cara Mudah Membeli Saham 
Ibaratkan Bursa Efek Indonesia adalah pengelola mal, sementara gerai-gerai yang ada di dalam mal adalah saham yang tercatat di bursa. Di BEI terdapat 720 saham, itulah dagangan yang bisa dipilih. Kamu gak bisa beli saham secara langsung, ada perantara perdagangan efek. Caranya, buka rekening dulu di perusahaan efek atau sekuritas. Saat ini sudah banyak anggota bursa yang memfasilitasi buka rekening online. Masuk ke website www.idx.co.id, di kolom perusahaan efek ada halaman khusus yang menampikan anggota bursa yang bisa menerima pembukaan rekening online.
2. Lengkapi persyaratan administrasi
Siapkan beberapa dokumen pribadi. Di antaranya kartu identitas berupa fotokopi KTP untuk warga negara Indonesia (WNI) atau KITAS/Passpor untuk warga negara asing (WNA) dan fotokopi Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP). Selain itu, biasanya ada formulir dari sekuritas yang harus kamu isi dan dikirimkan ke kantor sekuritas. Setelah rekeningmu jadi, kamu resmi memiliki rekening dana investor (RDI). Rekening ini bertujuan memisahkan dana nasabah dengan dana perusahaan efek.
3. Setor deposit awal
Dear Sobat Cuan, Ini 3 Cara Mudah Membeli Saham 
Setorlah deposit awal di RDI. Besaran setoran awal minimum berbeda-beda, tergantung perusahaan sekuritas yang kamu pilih. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan transaksi saham. Semakin besar saham yang dimiliki maka semakin besar kekuasaannya di perusahaan tersebut. Dengan menerbitkan saham, memungkinkan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendanaan jangka panjang untuk 'menjual' kepentingan dalam bisnis - saham (efek ekuitas) - dengan imbalan uang tunai. Ini adalah metode utama untuk meningkatkan modal bisnis selain menerbitkan obligasi. Saham dijual melalui pasar primer (primary market) atau pasar sekunder (secondary market).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *