Cara Sederhana Biar Belanja Lebaran Tetap Hemat dan Irit

Cara Sederhana Biar Belanja Lebaran Tetap Hemat dan Irit

Cara Sederhana Biar Belanja Lebaran Tetap Hemat dan Irit - Lebaran di Indonesia adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriah. Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Banyak persiapan yang dilakukan masyarakat dalam menyambut hari besar umat Islam tersebut. Mulai dari belanja pakaian baru, mengecat rumah, membeli makanan hingga kue-kue khas lebaran. Tapi apakah uangnya cukup untuk belanja itu semua? Nah sebelum belanja barang-barang tersebut, berikut ini Club388 Indonesia ada sejumlah tips biar belanja untuk lebaran atau Idul Fitri kamu tetap hemat.
1. Cek barang yang kamu punya saat ini
Langkah Sederhana Biar Belanja Lebaran Tetap Hemat
Rumah harus direnovasi? Pakaian harus serba baru? Kamu perlu cek dulu apakah hal-hal itu harus dilakukan. Kalau rumah kamu memang sudah banyak permasalahan seperti bocor, tembok yang kotor, lebih baik dibersihkan saja. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk merenovasi semuanya. Begitu juga dengan pakaian. Sayang banget kan kalau lemari kamu sudah penuh dan masih banyak pakaian yang bisa digunakan. Kamu bisa tetap tampil menawan dengan pakaian lama dengan mencuci dan menyeterikanya kembali atau membawa ke tempat laundry. Jadi, tidak perlu pakaian baru kan.
2. Alokasikan uang yang akan kamu keluarkan
Setelah kamu cek apa yang kamu punya dan tidak harus membeli, kali ini atur berapa uang yang akan kamu keluarkan untuk belanja kebutuhan lebaran lainnya biar kamu gak belanja impulsif alias yang tidak sesuai kebutuhan. Misal kamu mau membuat opor, sayur godog atau semur yang menjadi ciri khas makanan lebaran, cek berapa porsi yang ingin kamu buat. Dengan begitu kamu bisa menyiapkan anggaran belanja daging, sayur dan ketupat yang diperlukan. Berlaku juga untuk kue lebaran ya. Tetapkan saja 2-3 kue khas lebaran untuk menemanimu dalam suasana lebaran. Misalnya masing-masing satu stoples nastar, putri salju dan kastengel.
3. Cek diskon dan jangan lupa menawar
Jangan lupa cek diskon yang ada di e-commerce atau gerai toko tempat kamu berbelanja ya. Tetap ingat, jangan terbius oleh diskon, belanja sesuai kebutuhan yang telah kamu catat sebelumnya. Kalau kamu belanja di pasar, kamu bisa menawar barang yang kamu beli. Misalkan beli daging sapi atau ayam atau sayur, karena permintaan yang tinggi, biasanya harganya juga naik. Jangan ragu untuk menawar untuk hemat anggaran kamu. Apabila belanja melalui e-commerce, cek juga opsi voucher belanja, promo ongkos kirim dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *