Beberapa Situs Ini Bisa Membantu Cek Kecepatan Internet Kamu

Beberapa Situs Ini Bisa Membantu Cek Kecepatan Internet Kamu

Beberapa Situs Ini Bisa Membantu Cek Kecepatan Internet Kamu - Internet merupakan kumpulan dari jutaan komputer yang saling terhubung. Penggunaan internet memungkinkan kita memperoleh informasi dari kumpulan komputer tersebut dengan syarat pemilik komputer memberikan izin akses. Internet merupakan sesuatu yang sangat penting di era modern dan serba teknologi seperti saat ini. Tidak hanya eksistensi internet itu sendiri, kecepatan internet yang cepat juga sangat dibutuhkan dan mungkin jadi salah satu hal yang diinginkan oleh semua orang yang menghabiskan banyak waktunya terkoneksi dengan internet.
Paket data adalah salah sebuah layanan yang memungkinkan seseorang untuk dapat memiliki akses di dunia maya atau internet. Dengan mengaktifkan paket data internet pada smartphone, Anda dapat terhubung ke internet. Jika kamu berlangganan Wi-Fi atau paket data tertentu, kamu mungkin penasaran apakah kecepatan internet yang kamu beli sesuai dengan yang kamu dapatkan. Untuk bisa tahu itu, berikut Club388 Indonesia beberapa cara tes kecepatan internet melalui situs tes koneksi internet.
1. Speedtest.net
5 Situs yang Bisa Bantu Cek Kecepatan Internet Kamu
Jika Google terpopuler sebagai mesin pencari, Speedtest.net jadi yang paling diketahui dan banyak digunakan oleh orang-orang untuk mengetahui kecepatan internet mereka. Ini bahkan memiliki aplikasi di Android dan iOS yang kini hadir dengan layanan VPN gratis bawaan. Yang membuat situs ini besar dan berbeda dari kebanyakan adalah karena server yang dimilikinya tersebar di seluruh dunia (lebih dari 1,000 server). Situs milik Ookla ini juga tidak hanya akan memberi informasi soal kecepatan download dan upload, namun juga latensi dan kehilangan data. Ini sangat direkomendasikan.
2. Fast.com
5 Situs yang Bisa Bantu Cek Kecepatan Internet Kamu
Yang kedua tidak kalah populer dari Speedtest.net yaitu Fast.com. Ini dikembangkan oleh Netflix dan jadi situs mengetes kecepatan internet default atau utama ketika mengecek kecepatan di aplikasi Netflix. Fast.com mungkin punya tampilan sederhana, namun ini menampilkan semua informasi penting di samping kecepatan download. Tahun 2018, Netflix menambahkan dukungan untuk detail terkait kecepatan upload. Sama seperti Speedtest.net, Fast.com juga mengalkulasi latensi. Ini cocok untuk mereka yang suka bermain atau menonton film/serial secara streaming dan memastikan bahwa internet mereka stabil.
3. Xfinity Speed Test
5 Situs yang Bisa Bantu Cek Kecepatan Internet Kamu
Xfinity Speed Test sebenarnya dibuat secara khusus untuk pemakai Xfinity, namun ini pada dasarnya adalah alat tes kecepatan internet yang bisa digunakan oleh semua orang. Situs buatan Comcast ini dapat digunakan di Komputer dan HP, dan sama seperti Fast.com, Xfinity Speed Test memiliki user interface yang sederhana namun menghadirkan informasi yang lengkap. Menariknya, tidak hanya kecepatan download, upload dan latensi, ini juga memberi informasi apakah kecepatan internet pengguna nyaman untuk digunakan aktivitas berat seperti streaming video 4K.
4. SpeedOf.Me
5 Situs yang Bisa Bantu Cek Kecepatan Internet Kamu
SpeedOf.Me merupakan situs pengukur kecepatan internet yang ringan dan didesain untuk mereplika browsing dan downloading dengan cara mengunduh serangkaian file untuk kemudian direkam kecepatan download-nya. Selain itu, tes yang dilakukan juga menginformasikan kecepatan upload, latency dan info lain seperti alamat IP, lokasi server dan banyak lagi. SpeedOf.Me juga punya bagian riwayat untuk membandingkan hasil pengujian dari waktu ke waktu. Ini mungkin bukan yang paling sederhana secara tampilan, namun jelas salah satu dengan detail info terlengkap.
5. Google Stadia Speed Test
5 Situs yang Bisa Bantu Cek Kecepatan Internet Kamu
Yang terakhir ada Google Stadia Speed Test, yang Google buat secara khusus untuk mengukur kecepatan internet gamer yang ingin bermain game lewat layanan streaming game mereka – Stadia. Ini punya tampilan yang sederhana dan minim akan informasi. Situs ini hanya mengukur kecepatan download dan tidak memberi informasi atau detail lain selain itu. Google sendiri bekerja sama dengan Measurement Lab (M-Lab) untuk alat kalkulasi kecepatan internet yang satu ini. Selain via situsnya langsung, ini juga bisa diakses hanya dengan mengetikkan “speed test” di bar pencarian Google. Itulah tadi beberapa cara tes kecepatan internet lewat situs-situs tes koneksi internet. Karena berbasis web, semua situs di atas juga bisa digunakan untuk mengukur kecepatan internet di perangkat seperti HP dan tablet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *