Uni Eropa Akan Izinkan Warga AS Berkunjung Mulai Musim Panas
Uni Eropa Akan Izinkan Warga AS Berkunjung Mulai Musim Panas Uni Eropa Akan Izinkan Warga AS Berkunjung Mulai Musim Panas - Musim panas adalah salah satu musim di negara berhawa sedang. Tergantung letak sebuah negara, musim panas dapat terjadi pada waktu yang berbeda-beda. Di belahan utara bumi, musim panas dimulai sekitar tanggal 21 Juni hingga 23 September, sementara di belahan selatan bumi […]

Uni Eropa Akan Izinkan Warga AS Berkunjung Mulai Musim Panas

Uni Eropa Akan Izinkan Warga AS Berkunjung Mulai Musim Panas - Musim panas adalah salah satu musim di negara berhawa sedang. Tergantung letak sebuah negara, musim panas dapat terjadi pada waktu yang berbeda-beda. Di belahan utara bumi, musim panas dimulai sekitar tanggal 21 Juni hingga 23 September, sementara di belahan selatan bumi musim panas dimulai sekitar tanggal 21 Desember hingga 21 Maret.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan warga Amerika yang telah divaksinasi COVID-19 akan diperbolehkan melakukan perjalanan ke Eropa pada musim panas. Hal tersebut menandakan adanya pelonggaran aturan pembatasan perjalanan yang telah diterapkan sejak tahun lalu. Kepada The New York Times pada Minggu (25/4/2021), von der Leyen mengatakan Uni Eropa (UE) yang dianggotai 27 negara, akan menerima warga AS yang telah divaksinasi Club388 tanpa syarat. “Ke-27 anggota serikat akan menerima, tanpa syarat, semua orang yang divaksinasi dengan vaksin yang disetujui oleh EMA,” katanya, merujuk pada Agensi Obat-Obatan Eropa (European Medicines Agency/EMA).
1. Vaksin yang disetujui EMA
Uni Eropa Akan Izinkan Warga AS Berkunjung Mulai Musim Panas
EMA telah menyetujui tiga vaksin yang digunakan di Amerika Serikat (AS). Ketiga vaksin itu yaitu Pfizer, Moderna dan Johnson & Johnson. “Orang Amerika, sejauh yang saya tahu, menggunakan vaksin yang disetujui Badan Obat-obatan Eropa,” kata von der Leyen, mengutip Channel News Asia. “Ini akan memungkinkan pergerakan bebas dan perjalanan ke Uni Eropa.”
2. Tiket perjalanan COVID-19
Uni Eropa Akan Izinkan Warga AS Berkunjung Mulai Musim Panas
Pernyataan itu disampaikan von der Leyen setelah pada bulan ini negara-negara Uni Eropa setuju untuk meluncurkan tiket perjalanan COVID-19 (COVID-19 travel passes) yang akan memungkinkan orang yang telah divaksinasi COVID-19, orang yang sembuh dari infeksi, atau telah dites negatif, untuk bepergian dengan lebih mudah. Dalam kesempatan itu von der Leyen tidak mengatakan kapan perjalanan internasional akan bisa dilanjutkan. Sebagian besar Uni Eropa telah menutup perjalanan yang tidak penting di tengah pandemik COVID-19 sejak lebih dari setahun yang lalu.
3. AS masih miliki sangat banyak kasus COVID-19
Uni Eropa Akan Izinkan Warga AS Berkunjung Mulai Musim Panas
Pengumuman itu juga disampaikan di saat kasus COVID-19 di AS masih sangat tinggi. Di mana Negeri Paman Sam masih jadi negara pertama di dunia yang memiliki kasus COVID-19 terbanyak. Menurut Worldometers, per hari ini AS memiliki 32.824.389 kasus virus corona dengan 586.152 kematian dan 25.379.831 orang sembuh. Dalam hal vaksinasi. Menurut US Facts, hingga 24 April sudah ada 138.644.724 orang. Atau 42 persen populasi AS telah menerima setidaknya satu dosis vaksin. “Secara keseluruhan, 85.086.141 orang atau 25 persen dari populasi telah divaksinasi secara penuh,” menurut data di situs resminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *